Implementasi Teknik Thought Stopping Untuk Mengurangi Anxiety Academic Dalam Penulisan Skripsi

Naura Syakira, 210213068 (2025) Implementasi Teknik Thought Stopping Untuk Mengurangi Anxiety Academic Dalam Penulisan Skripsi. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kecemasan Akademik] Text (Kecemasan Akademik)
Naura Syakira.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Kecemasan Akademik] Text (Kecemasan Akademik)
Naura Syakira Repository Cover - BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Anxiety academic merupakan terganggunya pola pikir, serta perilaku individu yang disebabkan oleh tekanan luar sangat tinggi sehingga membuat individu menjadi beban dan memiliki perasaan takut pada sesuatu yang berhubungan dengan akademik sehingga mengganggu performa individu dalam tugas yang diberikan. Penanganan untuk menurunkan anxiety academic salah satunya dalah teknik thought stopping melalui dinamika kelompok karena agar mahasiswa dapat terbuka mengatakan apa yang dialami selama penulisan skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi teknik thought stopping dapat mengurangi anxiety academic dalam penulisan skripsi mahasiswa Bimbingan Konseling. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen dengan (One Group Pre-test, Post-test). Teknik pengumpulan data menggunakan bentuk skala likert dengan populasi sebanyak 60 mahasiswa Bimbingan Konseling, dan pemilihan sampel dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 8 orang mahasiswa yang memiliki tingkat anxiety academic yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan teknik thought stopping dapat mengurangi anxiety academic mahasiswa. Dilihat dari uji hipotesis yaitu perolehan thitung > ttabel (3,826 > 2,365). Dari hasil pengujian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan implementasi teknik thought stopping dapat mengurangi anxiety academic dalam penulisan skripsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Naura Syakira
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:38
Last Modified: 21 Aug 2025 03:38
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/47964

Actions (login required)

View Item
View Item