Indah Rizkia, 220201501 (2025) Etika Komunikasi Guru Dan Siswa Menurut Al-Zarnuji (Kajian Kitab Ta'lim Al-Muta'allim). Almubin: Islamic Scientific Journal, 08 (02). pp. 1-17. ISSN E-ISSN: 2746-5535 (Submitted)
Artikel_Jurnal_indah_Rizkia,_et_indo.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan merupakan proses pembentukan karakter yang tidak hanya menekankan transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai etika dalam interaksi antara guru dan siswa. Dalam tradisi pendidikan Islam, kitab Ta'lim al-Muta'allim karya Al-Zarnuji merupakan salah satu rujukan penting yang menekankan pentingnya adab dan etika komunikasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep etika komunikasi antara guru dan siswa sebagaimana dijelaskan Al- Zarnuji dalam kitab tersebut, serta relevansinya dengan konteks pendidikan modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan, tanpa melibatkan wawancara maupun observasi langsung. Sumber utama penelitian ini adalah kitab Ta'lim al-Muta'allim, yang didukung oleh literatur ilmiah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Zarnuji menekankan pentingnya rasa hormat, kerendahan hati, kesabaran, dan ketulusan dalam komunikasi antara guru dan siswa. Prinsip-prinsip tersebut terbukti masih relevan untuk diterapkan dalam dunia pendidikan saat ini, khususnya dalam membentuk karakter siswa dan menjaga kualitas hubungan pendidikan di era digital.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Indah Rizkia |
| Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:42 |
| Last Modified: | 21 Aug 2025 04:42 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48038 |
