Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Two Stay Two Stray

Farisa Nazila, 210209083 (2025) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Two Stay Two Stray. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Two Stay Two Stray] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Two Stay Two Stray)
FILE SKRIPSI FARISA NAZILA REPOSITORY FIKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Two Stay Two Stray] Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Two Stay Two Stray)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya aktivitas, antusiasme, dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Kondisi ini berdampak pada banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan melalui penerapan model pembelajaran yang tepat guna meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model two stay two stray, yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa melalui diskusi kelompok dan pertukaran informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model two stay two stray. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 5 Meureudu, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase sebesar 79,4% (kategori baik), dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (kategori sangat baik). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 62,5% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 89,28% (kategori sangat baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 65,22% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 86,95% (kategori sangat baik) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model two stay two stray efektif dalam meningkatkan aktivitas, partisipasi, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Farisa Nazila
Date Deposited: 21 Aug 2025 07:31
Last Modified: 21 Aug 2025 07:31
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48064

Actions (login required)

View Item
View Item