Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Sparkol Videoscribe Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Widya Vikamawanti, 210209006 (2025) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Sparkol Videoscribe Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Sparkol Videoscribe Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar] Text (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Sparkol Videoscribe Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar)
WIDYA VIKA MAWANTI 210209006.PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Sparkol Videoscribe Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar] Text (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Sparkol Videoscribe Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar)
WIDYA VIKA MAWANTI 210209006 Cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV MIN 20 Aceh Besar menjadi permasalahan utama yang harus segera diatasi. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru, penggunaan model yang monoton, dan minimnya media interaktif menyebabkan siswa cenderung pasif, kurang termotivasi, serta kesulitan memahami materi. Kondisi ini berdampak pada belum optimalnya pencapaian Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dengan dukungan media Sparkol Videoscribe. Model ini dirancang agar proses pembelajaran lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi yang memantau keterlibatan siswa dan pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 69,56% dengan 16 siswa tuntas. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 91,3% dengan 21 siswa mencapai KKTP. Selain peningkatan nilai, penerapan CLIS berbantuan Sparkol Videoscribe membuat siswa lebih aktif berdiskusi, menyampaikan ide, melakukan percobaan, serta menarik kesimpulan dari hasil pengamatan. Media Sparkol Videoscribe membantu memvisualisasikan konsep sifat-sifat cahaya secara menarik dan mudah dipahami, sehingga siswa lebih antusias dan terlibat. Dengan demikian, penerapan model CLIS berbantuan Sparkol Videoscribe terbukti efektif meningkatkan hasil belajar, motivasi, dan partisipasi aktif siswa pada pembelajaran IPAS di MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Widya Vikamawanti
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:36
Last Modified: 22 Aug 2025 02:04
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48094

Actions (login required)

View Item
View Item