Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Putri Ani, 210209002 (2025) Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIN 20 Aceh Besar] Text (Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIN 20 Aceh Besar)
Skripsi Putri Ani 210209002 .PGMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIN 20 Aceh Besar] Text (Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Teknologi Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIN 20 Aceh Besar)
Skripsi Putri Ani 210209002 .PGMI Cover- Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan salah satu kompetensi dasar yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan belajar siswa di berbagai mata pelajaran. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan secara mendalam, terutama pada jenjang sekolah dasar. Hal ini disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran yang diterapkan. Proses pembelajaran cenderung berfokus pada metode ceramah sehingga kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas, sehingga belum mampu secara optimal mendukung keterlibatan siswa dan pencapaian hasil belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan inovatif yang mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan teknologi Augmented Reality merupakan salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dalam menerapkan model Flipped Classroom berbantuan teknologi Augmented Reality; (2) mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran; dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan model tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 42 siswa kelas IV-2 MIN 20 Aceh Besar tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru meningkat dari 76,25% (kategori baik) pada siklus I menjadi 95% (kategori sangat baik) pada siklus II; (2) aktivitas siswa meningkat dari 65% menjadi 92,5% (kategori sangat baik); dan (3) kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dari 66,64% (kategori baik) menjadi 82,26% (kategori sangat baik). Dengan demikian, penerapan model Flipped Classroom berbantuan teknologi Augmented Reality dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Ani
Date Deposited: 21 Aug 2025 08:34
Last Modified: 21 Aug 2025 08:34
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48103

Actions (login required)

View Item
View Item