Analisis Komparatif Penggunaan Metode Baghdadiyah dan Iqra’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Santri di Balai Pengajian Kamalussa’adah dan Balai Pengajian Amna di Gp. Baro, Kec. Peukan Bada, Kab. Aceh Besar

Siti Laina Al Muhni, 220201200 (2025) Analisis Komparatif Penggunaan Metode Baghdadiyah dan Iqra’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Santri di Balai Pengajian Kamalussa’adah dan Balai Pengajian Amna di Gp. Baro, Kec. Peukan Bada, Kab. Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Metode  Baghdadiyah,  Metode  Iqra,  Membaca  Al-Qur’an, Analisis Komparatif, Balai Pengajian] Text (Metode Baghdadiyah, Metode Iqra, Membaca Al-Qur’an, Analisis Komparatif, Balai Pengajian)
Siti Laina Al Muhni, 220201200, FTK, PAI, 085348732377.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Metode  Baghdadiyah,  Metode  Iqra,  Membaca  Al-Qur’an, Analisis Komparatif, Balai Pengajian] Text (Metode Baghdadiyah, Metode Iqra, Membaca Al-Qur’an, Analisis Komparatif, Balai Pengajian)
Siti Laina Al Muhni, 220201200, FTK, PAI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah fundamental dalam pendidikan Islam, didukung beragam metode seperti Baghdadiyah dan Iqra’. Penelitian ini menganalisis secara komparatif penggunaan Metode Baghdadiyah di Balai Pengajian Kamalussa’adah dan Metode Iqra’ di Balai Pengajian Amna di Gp. Baro, Aceh Besar, dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri, mengingat pentingnya penguasaan Al-Qur’an dan perbedaan pendekatan kedua metode. Rumusan masalah berfokus pada implementasi dan karakteristik masing- masing metode serta perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an di antara santri pengguna kedua metode. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis secara mendalam implementasi, karakteristik, dan pengaruh komparatif kedua metode terhadap peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an. Menggunakan pendekatan kualitatif komparatif dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, penelitian ini menemukan bahwa Metode Baghdadiyah efektif dalam membangun fondasi bacaan yang teliti melalui ejaan dan penguasaan makhraj, sementara Metode Iqra’ unggul dalam mempercepat kelancaran membaca Al-Qur’an melalui pendekatan langsung dan sistematisasi jilid. Secara kualitatif, kedua metode terbukti efektif dalam membimbing santri, dengan perbedaan utama terletak pada karakteristik proses pembelajaran unik masing-masing, didukung oleh kualitas pengajar, lingkungan, dan motivasi santri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.121 Tajwid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Laina Al Muhni
Date Deposited: 25 Aug 2025 05:17
Last Modified: 25 Aug 2025 05:17
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48130

Actions (login required)

View Item
View Item