Rizky Ananda Putri, 210205026 (2025) Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs. Jurnal Amal Pendidikan, 6 (2). pp. 1-13. ISSN 2721-3668 (Submitted)
![[thumbnail of membahas tentang matematika]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Jurnal_Amal_Pendidikan_Rizky_Putri.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP pada materi hubungan antar sudut. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak. Penelitian ini memakai metode kuasi eksperimen menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh, dengan dua kelas dipilih sebagai sampel secara simple random sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian pemahaman konsep matematika yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan melalui uji independent sample t-test, dan perhitungan N-Gain Score untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan CRA dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 (< 0,05). Selain itu, peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori sedang dan tinggi. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CRA efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP khususnya pada materi hubungan antar sudut.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 511 Prinsip Umum Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rizky Ananda Putri |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 02:35 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48137 |