Meda Animasi 3D Sebagai Sarana Edukasi Pengisian KRS Dan Pengajuan Judul Skripsi Pada Mahasiswa PTI UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Muhibbul Khairi, 200212030 (2025) Meda Animasi 3D Sebagai Sarana Edukasi Pengisian KRS Dan Pengajuan Judul Skripsi Pada Mahasiswa PTI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. JITET: Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan. pp. 1-8. ISSN 2830-7062 (Submitted)

[thumbnail of Animasi 3D sebagai sarana edukasi] Text (Animasi 3D sebagai sarana edukasi)
Repository Muhibbul Khairi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (919kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong inovasi media pembelajaran yang interaktif, salah satunya animasi tiga dimensi (3D). Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh sering mengalami kesulitan memahami prosedur pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dan pengajuan judul skripsi akibat minimnya sosialisasi. Penelitian ini bertujuan merancang media animasi 3D sebagai sarana edukasi prosedur tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk diuji melalui validasi ahli materi, ahli media, serta angket respon mahasiswa. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase 90% dan ahli media 91,6%, keduanya masuk kategori “sangat layak”. Respon mahasiswa terhadap animasi pengisian KRS mencapai 73,4% (kategori “baik”), sedangkan animasi pengajuan judul skripsi memperoleh 97% (kategori “sangat baik”). Temuan ini menunjukkan bahwa media animasi 3D efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap prosedur akademik, memiliki daya tarik visual, serta layak dipublikasikan sebagai media sosialisasi alternatif.

Item Type: Article
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 006 Special Computer Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Muhibbul Khairi
Date Deposited: 25 Aug 2025 04:26
Last Modified: 25 Aug 2025 04:26
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48193

Actions (login required)

View Item
View Item