Pengelolaan Kurikulum Merdeka sebagai Strategi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di MTsS Darul Makmur Nagan Raya

Said Azummar Riyandi, 200206100 (2025) Pengelolaan Kurikulum Merdeka sebagai Strategi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran di MTsS Darul Makmur Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Penggunaan Kurikulum Merdeka] Text (Membahas Tentang Penggunaan Kurikulum Merdeka)
Skripsi Said Azummar Riayndi Cover - Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas Tentang Penggunaan Kurikulum Merdeka] Text (Membahas Tentang Penggunaan Kurikulum Merdeka)
skripsi said after sidang pp.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan pendidikan yang memberi kebebasan bagi peserta didik untuk belajar sesuai minat dan kebutuhan mereka, serta mendorong guru menciptakan pembelajaran yang aktif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan Kurikulum Merdeka dalam peningkatan kualitas pembelajaran di MTsS Darul Makmur Nagan Raya, untuk mengetahui pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam peningkatan kualitas pembelajaran, dan untuk mengetahui evaluasi Kurikulum Merdeka dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dengan kepala madrasah dan guru, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi dan kriteria kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, serta transferabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan kurikulum dilakukan secara kolaboratif dengan menyusun KOSP berbasis kebutuhan siswa; (2) pelaksanaan melibatkan strategi pembelajaran aktif, berbasis proyek, dan diferensiasi; serta (3) evaluasi dilakukan secara menyeluruh melalui asesmen formatif, sumatif, dan refleksi guru untuk perbaikan berkelanjutan. Pengelolaan Kurikulum Merdeka terbukti menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Said Azummar Riyandi
Date Deposited: 22 Aug 2025 03:55
Last Modified: 22 Aug 2025 03:55
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48194

Actions (login required)

View Item
View Item