Ade Azma Zuhra, 210205066 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 17 (2): 3. pp. 405-417. ISSN 2746-7503
![[thumbnail of Membahas Pengaruh Model pembelajaran]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Ade Azma Zuhra_210205066.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (903kB)
![[thumbnail of Artikel Ade Azma Zuhra_210205066.pdf]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Ade Azma Zuhra_210205066.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (903kB)
![[thumbnail of Artikel Ade Azma Zuhra_210205066.pdf]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Ade Azma Zuhra_210205066.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (903kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan observasi dan wawancara di SMP Negeri 6 Banda Aceh yang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami soal cerita aljabar karena terbiasa menyelesaikannya secara prosedural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental, melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi modul ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), serta soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model reciprocal teaching memiliki pemahaman konsep matematika yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Temuan ini menegaskan bahwa reciprocal teaching efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa, khususnya dalam memahami soal- soal yang membutuhkan pemikiran konseptual.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ade Azma Zuhra |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 04:25 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 04:25 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48218 |