Aysha Ardelia, 210901020 (2025) Hubungan Social Adjustment dengan School Well-Being pada Siswa SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
AYSHA ARDELIA_210901020_FPSI_PSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
AYSHA ARDELIA_210901020_FPSI_PSI_COVER-BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (881kB)
Abstract
Siswa yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi secara sosial, terutama di lingkungan sekolah cenderung menunjukkan penurunan pada kesejahteraan yang dirasakan ketika berada di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan social adjustment dengan school well-being pada siswa SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Alat ukur penelitian ini yaitu skala social adjustment dan skala school well-being. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMA Negeri 1 Kejuruan Muda yang berjumlah 150 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan berdasarkan teknik proportional stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi (r) = 0,727 dengan nilai p = 0,000. Karena nilai p<0,05 maka hipotesis diterima. Artinya terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara social adjustment dengan school well-being. Artinya, hubungan signifikan tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi social adjustment maka semakin tinggi pula school well-being, sebaliknya semakin rendah social adjustment maka semakin rendah pula school well-being.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun |
| Divisions: | Fakultas Psikologi > S1 Psikologi |
| Depositing User: | Aysha Ardelia |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:11 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 02:11 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48232 |
