Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa IPAS kelas III Di MIN 7 Banda Aceh

Dahara Lisa, 210209027 (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa IPAS kelas III Di MIN 7 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran Index Card Match Berbantuan  Media  Gambar] Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Gambar)
Dahara Lisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran Index Card Match Berbantuan  Media  Gambar] Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Gambar)
Dahara Lisa - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Index Card Match berbantuan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). Fokus penelitian ini meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 39 siswa dari kelas III-A MIN 7 Banda Aceh. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa, serta soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam penerapan metode Index Card Match berbantuan media gambar mengalami peningkatan, dari 75% (baik) pada siklus I menjadi 91,96% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat, dari 74% (baik) pada siklus I menjadi 93,75% (sangat baik) pada siklus II. Dari segi hasil belajar, pada siklus I terdapat 29 siswa yang tuntas, dengan persentase keberhasilan 74%, sementara pada siklus II terjadi peningkatan, dengan 35 siswa yang tuntas dan persentase keberhasilan mencapai 90%. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan metode Index Card Match berbantuan media gambar memberikan suasana aktif terhadap peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar secara keseluruhan. Oleh karena itu, disarankan agar para guru dapat terus menerapkan metode ini untuk menciptakan suasana pembelajaran yang lebih hidup dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dahara Lisa
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:14
Last Modified: 25 Aug 2025 02:14
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48290

Actions (login required)

View Item
View Item