Riswana Syah Putri, 210201145 (2025) Strategi Ustadzah dalam Membantu Santri Mempercepat Hafalan Al-Quran di TPA Babul Ulum Gampong Neusu Aceh Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
RISWANA SYAH PUTRI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
RISWANA SYAH PUTRI BAB 1 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran ustadzah dalam membimbing santri Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA), terutama dalam proses menghafal Al-Qur'an yang memerlukan pendekatan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing santri. Fenomena yang ditemukan di TPA Babul Ulum Gampong Neusu Aceh menunjukkan bahwa sebagian santri mampu mempercepat hafalan Al-Qur'an dengan baik, sementara sebagian lainnya mengalami kesulitan. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang strategi apa yang digunakan ustadzah dalam membantu santri mempercepat hafalan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: (1) bagaimana perencanaan ustadzah dalam membantu santri mempercepat hafalan Al-Qur'an, (2) bagaimana
pelaksanaanya, (3) apa saja kendala yang dihadapi ustadzah dalam pelaksanaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian adalah TPA Babul Ulum Gampong Neusu Aceh, Kota Banda Aceh. Populasi penelitian adalah seluruh ustadzah yang mengajar di TPA tersebut sebanyak 4 orang. Namun karena keterbatasan waktu dan situasi
lapangan, teknik pengampilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan dua ustadzah sebagai informan utama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ustadzah melakukan perencanaan yang matang melalui penjadwalan kegiatan, penetapan target hafalan, serta pemilihan
metode yang relevan. Dalam pelaksanaannya, ustadzah menggunakan strategi pembelajaran yang mencakup pendekatan teknis, seperti metode talaqqi-perkata, hafalan mandiri, dan sima'i, serta pendekatan motivasional dan emosional berupapemberian motivasi, reward ringan, serta bimbingan personal. Kendala yang dihadapi antara lain adalah perbedaan kemampuan santri dan kurangnya disiplin. Kesimpulannya, strategi ustadzah yang fleksibel, sabar, dan adaptif mampu membantu santri dalam mempercepat hafalan Al-Qur'an secara efektif. Keberhasilan santri ditentukan oleh sinergi antara strategi ustadzah dan kedisiplinan santri.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat, masukkan di sini adab membaca Al-Qur'an |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Riswana Syah Putri |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 02:41 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 02:41 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48301 |
