Safira Khairun, 210213042 Penerapan Permainan Monopoli Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Pengendalian Emosi Siswa. QUANTA Journal: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 9 (3). pp. 1-11. ISSN 2614-2198 (Submitted)
loa+artikel wm.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (729kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media permainan monopoli dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan pengendalian emosi siswa di SMP Negeri 1 Baitussalam. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 8 siswa dari 29 populasi kelas VIII.1 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket skala likert pengendalian emosi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan pengendalian emosi siswa setelah diberikan perlakuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t-test yang memperoleh nilai thitung 8,792 lebih besar dibandingkan t tabel 2,365 (8,792 > 2,365).Artinya, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Selain itu, rata-rata N-Gain sebesar 0,60 termasuk kategori sedang. Penelitian memberikan kontribusi sebagai bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya terkait penerapan media permainan dalam meningkatkan kemampuan pengendalian emosi siswa, serta dapat dijadikan pedoman bagi guru BK dalam membantu siswa mengelola emosi secara positif melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 152.4 Humor |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Safira Khairun Nisa |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 04:53 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 04:53 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48312 |
