Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Produktivitas Guru di MTsN 6 Aceh Timur

Qurata Najwa, 210206028 (2025) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Produktivitas Guru di MTsN 6 Aceh Timur. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah] Text (Membahas tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah)
Skripsi Najwa FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Membahas tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah] Text (Membahas tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah)
Skripsi Najwa FIX - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, produktivitas guru merupakan acuan yang paling penting untuk diperhatikan demi mendapatkan pendidikan yang optimal. Hal tersebut menjadi titik fokus utama bagi para Kepala disetiap madrasah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kurangnya apresiasi dan motivasi yang diberikan oleh Kepala Madrasah mengakibatkan produktivitas guru di MTsN 6 Aceh Timur belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan, strategi yang digunakan oleh Kepala Madrasah dalam meningkatkan produktivitas guru di MTsN 6 Aceh Timur. Adapun penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang yang terdiri dari Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kurikulum, serta Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik miles dan huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah MTsN 6 Aceh Timur menggunakan 3 jenis gaya kepemimpinan, diantaranya kepemimpinan otoriter, kepemimpinan demokratis, dan kepemimpinan transaksional. Adapun strategi yang digunakan dalam meningkatkan produktivitas guru yaitu dengan cara menerapkan kepemimpinan yang bersifat adaptif, partisipatif, dan kolaboratif. Sedangkan hambatan yang dihadapi oleh Kepala Madrasah dalam peningkatan produktivitas guru yaitu adanya guru yang berusia senja, terdapat perbedaan status antara pegawai dan honorer, rendahnya kehadiran siswa dilekas, kesalahpahaman dan keterbatasan waktu, serta keterbatasan guru dalam penguasaan teknologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.2 Tata Usaha Sekolah, Putus Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Qurata Najwa
Date Deposited: 25 Aug 2025 05:17
Last Modified: 25 Aug 2025 05:17
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48365

Actions (login required)

View Item
View Item