Suci Sanira, 210209170 (2025) Strategi Guru Dalam Pemberian Reward Pada Pembelajaran di Kelas II SD/MI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
SUCI SANIRA - 210209170.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
SUCI SANIRA - 210209170 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (798kB)
Abstract
Reward menjadi bagian dari proses pembelajaran, kurangnya keaktifan siswa dalampembelajaran, kurangnya respon siswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, guru kesulitan dalam mengenali karakter siswa, dan guru tidakmampu mengontrol proses pembelajaran secara keseluruhan minat dalampembelajaran siswa menjadikan reward sebagi strategi guru dalam proses belajarmengajar siswa di SD Negeri Monsinget Aceh Besar dalam mewujudkan hasilbelajar yang baik,. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat strategi guru dalampemberian reward pada pembelajaran di kelas II SD/MI. Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu 3 gurukelas dan 26 orang siswa pengumpulan data dilakukan dengan wawancara danobservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk reward meliputi: a) Rewardverbal (berupa pujian, mengiyakan, menyatakan sependapat terhadap argumensiswa), b) reward non verbal (berupa tepuk tangan, pemberian alat tulis,stiker/gambar bintang, jajanan dan segala sesuatu yang bermanfaat bagi siswa).Adapun reward dilaksanakan guru pada saat proses pembelajaran dan setelahselesai pembelajaran baik secara berkelompok, maupun individual. Sejauh inipenelitian yang sudah dilaksanakan tersebut bahwasanya, strategi guru dalampemberian reward pada pembelajaran di kelas II SD/MI, memberikan perubahan pada siswa dalam hasil belajarnya berupa peningkatan motivasi belajar, semangat dalam menyelesaikan tugas, serta hasil belajar yang lebih baik. Pemberian rewardini juga mengubah pola pikir bagi tenaga pendidik agar lebih berkreasi ketika memberikan reward dalam proses pembelajaran. Sehingga apa yang dilakukan guruterhadap siswa dapat memberi kesan yang baik terhadap siswa nya dikemudian hari.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Suci Sanira |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:18 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:18 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48396 |
