Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya

Revi Guspyanda Rista, 210209053 (2025) Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya)
Revi Guspyanda Rista - 210209053.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya)
Revi Guspyanda Rista - 210209053 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan belajar matematika adalah salah satu permasalahan yang sering dihadapi olehsiswa Sekolah Dasar, dengan berbagai kriteria, serta tingkat kesulitan masing-masing.Hal ini juga terjadi pada siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh BaratDaya. Oleh karena itu permasalahan yang diangkat adalah (1) apa saja jenis kesulitanbelajar matematika siswa Kelas V SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya. (2)Apa faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa di Kelas V di SDN 4Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya. (3) Bagaimana upaya guru dalammenanggulangi kesulitan belajar matematika siswa Kelas V di SDN 4 Lembah SabilKabupaten Aceh Barat Daya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisisjenis kesulitan belajar matematika siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil KabupatenAceh Barat Daya. (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitanbelajar matematika siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya.(3) Untuk menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru di dalam menanggulangikesulitan belajar matematika siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil Kabupaten AcehBarat Daya. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif. Subjekdalam penelitian ini adalah siswa Kelas V di SDN 4 Lembah Sabil, yang berjumlah 10siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yangdigunakan adalah lembar pengamatan, lembar pedoman wawancara dan lembar tesdiagnostik. Analisis data bersifat deskriptif-analisis, terdiri dari pengumpulan data,reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa jenis-jenis kesulitan belajar matematika siswa kelas V SDN 4 Lembah Sabil adalah kesulitan dalammemahami pengukuran sudut dan kesulitan dalam perhitungan. Hasil tes diagnostikterhadap 10 siswa kelas V, hanya 2 siswa yang mampu menjawab soal dengan baik. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika siswa ada 2, yaitu faktor internal berupa kondisi siswa lamban menangkap, menghafal, dan mengingat materi, faktor eksternal berupa penjelasan guru (cepat dan lambat). Upaya guru menanggulangikesulitan belajar matematika siswa adalah dengan cara remedial, pemberian tugastambahan, penerapan metode Gasing, dan pendekatan individual-humanistik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Revi Guspyanda Rista
Date Deposited: 26 Aug 2025 02:25
Last Modified: 26 Aug 2025 02:25
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48399

Actions (login required)

View Item
View Item