الأخطاء عند التلاميذ في نطق الأصوات العربية الفصحى ( دراسة وصفية تحليلية بــ MIN 2 Banda Aceh )

Fidia Maulanza, 210202243 (2025) الأخطاء عند التلاميذ في نطق الأصوات العربية الفصحى ( دراسة وصفية تحليلية بــ MIN 2 Banda Aceh ). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of الأخطاء عند التلاميذ في نطق الأصوات العربية الفصحى ( دراسة وصفية تحليلية بــ MIN 2 Banda  Aceh )] Text (الأخطاء عند التلاميذ في نطق الأصوات العربية الفصحى ( دراسة وصفية تحليلية بــ MIN 2 Banda Aceh ))
Fidia Maulanza - 210202243.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of الأخطاء عند التلاميذ في نطق الأصوات العربية الفصحى ( دراسة وصفية تحليلية بــ MIN 2 Banda  Aceh )] Text (الأخطاء عند التلاميذ في نطق الأصوات العربية الفصحى ( دراسة وصفية تحليلية بــ MIN 2 Banda Aceh ))
Fidia Maulanza - 210202243 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penguasaan pengucapan suara bahasa Arab Fushah sangatlah penting untuk belajarbahasa Arab, karena berkontribusi pada pemahaman yang akurat dan memfasilitasikomunikasi yang efektif. Di MIN 2 Banda Aceh, kesalahan fonetik dalampengucapan dan pembacaan teks-teks Arab diamati pada siswa untuk tujuanperbaikan dan koreksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasikesalahan pengucapan pada siswa MIN 2 Banda Aceh. (2) Mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya. (3) Mengidentifikasi upaya-upaya untuk memecahkanmasalah tersebut. Peneliti menggunakan metode deskriptif-analitis untukmelakukan penelitian ini dengan alat berupa observasi langsung, dokumen danwawancara. Sampelnya adalah siswa kelas lima, berjumlah 15 orang. Hasil yangdiperoleh menunjukkan bahwa sebagian besar kesalahan siswa adalah kesalahanfonetik dalam beberapa klasifikasi, yaitu: suara vokal dengan persentase 44.44%,campuran antara suara yang mirip dengan persentase 40.47%, campuran antarasuara vokal dengan persentase 8.73%, suara vokal dan konsonan dengan persentase3.97%, dan suara konsonan dengan persentase 2.39%. Faktor-faktor yangmenyebabkan kesalahan dalam pengucapan suara Arab Fushah terdiri darikurangnya hafalan kosakata dan pengabaian aturan huruf hijaiyah dan pengaruhdalam bahasa pertama. Adapun upaya-upaya untuk memecahkan masalah tersebutterdiri dari latihan yang terstruktur, penggunaan media pembelajaran yangmenyenangkan, dan evaluasi di setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fidia Maulanza
Date Deposited: 26 Aug 2025 04:25
Last Modified: 26 Aug 2025 04:25
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48425

Actions (login required)

View Item
View Item