Pengembangan Flipbook Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Sistem Gerak Manusia Di MIN 20 Aceh Besar

Meli Agustiana, 210212057 (2025) Pengembangan Flipbook Berbasis Augmented Reality (AR) Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Sistem Gerak Manusia Di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Flipbook Berbasis Augmented Reality (Ar) Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Sistem Gerak Manusia Di MIN 20 Aceh Besar] Text (Pengembangan Flipbook Berbasis Augmented Reality (Ar) Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Sistem Gerak Manusia Di MIN 20 Aceh Besar)
SKRIPSI MELI AGUSTIANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[thumbnail of Pengembangan Flipbook Berbasis Augmented Reality (Ar) Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Sistem Gerak Manusia Di MIN 20 Aceh Besar] Text (Pengembangan Flipbook Berbasis Augmented Reality (Ar) Pada Mata Pelajaran Ipas Materi Sistem Gerak Manusia Di MIN 20 Aceh Besar)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah membawa banyak dampak dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan yang turut mengalami perubahan signifikan. Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan telah melahirkan berbagai inovasi baru untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran interaktif yang selaras dengan perkembangan teknologi sekarang ini, sangat berpengaruh pada sistem belajar yang memberikan banyak manfaat. Namun Permasalahan dapat saja terjadi pada setiap sekolah dimana siswa saat melakukan pembelajaran merasa jenuh karena sistem belajar yang dianggap belum interaktif dan masih menggunakan media cetak. Maka dari itu peneliti mengembangkan salah satu jenis bahan ajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa yaitu modul pembelajaran pada mata pelajaran IPAS. Salah satu modul digital yang dimaksud adalah Flipbook, penggunaan Flipbook mirip dengan penggunaan e- book namun kelebihan Flipbook dapat dibuka lembar demi lembar seperti buku dan dapat disertai dengan, audio, tulisan dan gambar serta dapat pula berisi media-media lain seperti Augmented Reality (AR). Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Development atau pengembangan saja. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan uji validasi terhadap ahli media dan ahli materi. Platform yang digunakan untuk mendesain flipbook yaitu canva, dan elemen 3D Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu, serta mengkonversikan menjadi Flipbook menggunakan Heyzine Flipbook. Berdasarkan penilaian dari para ahli media dan ahli materi, didapatkan hasil dari ahli media yaitu dosen dan guru kelas digital pada mata pelajaran IPAS sebesar 94% dan penilaian dari kedua ahli materi yaitu guru mata pelajaran IPAS di sekolah MIN 20 Aceh Besar memperoleh hasil 92%. Sehingga dapat disimpulkan menurut kedua aspek penilaian dinyatakan media Flipbook “Sangat Layak” untuk digunakan oleh siswa dalam melakukan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Meli Agustiana
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:54
Last Modified: 26 Aug 2025 01:54
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48460

Actions (login required)

View Item
View Item