Shafia Raihan, 210205088 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Menunggukan Microsoft Excel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Statistika. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Skripsi Shafia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Proses pembelajaran matematika yang di laksanakan di sekolah masih berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar di dominasi oleh guru, dan siswa hanya mendengar, mencatat dan mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru. Hal tersebut berdampak hasil belajar siswa masih tergolong rendah khususnya pada materi statistik, sering disebabkan kurangnya keaktifan siswa serta keterbatasan metode pembelajaran yang hanya berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan Microsoft Excel dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pre-test post- test pada dua kelas: kelas eksperimen yang diajar dengan menerapkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbantu Excel dan kelas kontrol dengan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, serta uji t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai lebih besar dari yaitu 2,91 > 1,67, sehingga diterima dan ditolak. Kesimpulannya, pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan dukungan Microsoft Excel efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistik SMA. Temuan ini diharapkan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan dengan perkembangan teknologi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Shafia Raihan |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 05:26 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 05:26 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48472 |
