Rivaldi Anwar Lubis, 210206128 (2025) Manajemen Peserta Didik dalam Pengembangan Ekstrakurikuler di Pesantren Samudera Pasai Madani Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Rivaldi Anwar Lubis, 210206128, FTK, MPI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Rivaldi Anwar Lubis, 210206128, FTK, MPI Cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Ekstrakurikuler sebagai bagian integral dalam pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga pengembangan minat, bakat, serta karakter peserta didik. Pesantren ini telah menunjukkan kemajuan dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perencanaan manajemen peserta didik dalam pengembangan ekstrakurikuler di Pesantren Samudera Pasai Madani Aceh Besar. 2) Mengetahui pelaksanaan manajemen peserta didik dalam pengembangan ekstrakurikuler di Pesantren Samudera Pasai Madani Aceh Besar. 3) Mengetahui pengevaluasian manajemen peserta didik dalam pengembangan ekstrakurikuler di Pesantren Samudera Pasai Madani Aceh Besar. 4) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik dalam pengembangan ekstrakurikuler di Pesantren Samudera Pasai Madani Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan ekstrakurikuler dilakukan dengan merancang visi-misi yang jelas, penetapan tujuan dan sasaran kegiatan, serta pemetaan minat dan bakat santri. Pelaksanaan dilakukan secara terstruktur dan dibimbing oleh mentor yang kompeten. Evaluasi dilaksanakan melalui monitoring berkala dan pelaporan hasil kegiatan. Faktor pendukung dalam manajemen ini meliputi komitmen pimpinan, ketersediaan SDM, dan antusiasme santri. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya sosialisasi visi ekstrakurikuler kepada peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen peserta didik yang baik sangat berperan dalam keberhasilan pengembangan ekstrakurikuler dan memberikan kontribusi terhadap prestasi serta pembentukan karakter santri.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Rivaldi Anwar Lubis |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 02:59 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48544 |
