Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Panca Indra Berbasis Augmented Reality Menggunakan Assamblr Edu pada Siswa Kelas 1-2 Di Min Aceh Tenggara

Siti Khadijah, 20021208 (2025) Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Panca Indra Berbasis Augmented Reality Menggunakan Assamblr Edu pada Siswa Kelas 1-2 Di Min Aceh Tenggara. JATI : Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 9 (5). 8165 -8172. ISSN 2598-828X

[thumbnail of Siti Khadijah-200212008.pdf] Text
Siti Khadijah-200212008.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Panca Indra Berbasis Augmented Reality Menggunakan Assamblr Edu pada siswa Kelas 1-2 di MIN Aceh Tenggara] Text (Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Panca Indra Berbasis Augmented Reality Menggunakan Assamblr Edu pada siswa Kelas 1-2 di MIN Aceh Tenggara)
Siti Khadijah-200212008_fixed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (868kB)

Abstract

Perkembangan teknoogi digital membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penggunaan Augmented Reality (AR) sebagai media interaktif. AR memungkinkan penggabungan dunia nyata dengan elemen digital berbasis 3D, yang dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa, terutama di tingkat sekolah dasar. Penggunaan AR dalam pendidikan terus berkembang dan mulai diterapkan dalam berbagai materi, termasuk pengenalan panca indra. Namun implementasinya di sekolah dasar masih menghadapi kendala, seperti terbatasnya media yang sesuai untuk anak usia dini,kurangnya pemahaman guru terhadap aplikasi AR, serta belum terintegrasinya materi dengan kurikulum. Kondisi ini menunjukkan perlunya inovasi yang menjembatani potensi teknologi dengan ini menunjukkan perlunya inovasi yang menjembatani potensi teknologi dengan kebutuhan belajar siswa secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis AR yang relavan dan mudah digunakan. Aplikasi Assamblr Edu dipilih sebagai platform pengembangan karena mendukung visualisasi 3D yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi, khususnya pengenalan panca indra. Penelitian dilakukan melalui lima tahap pengembangan, yaitu analisis, perancangan, pembuatan, penerapan, dan evaluasi. Hasil akhir media ini diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik siswa kelas 1 dan 2

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Siti Khadijah
Date Deposited: 27 Aug 2025 08:23
Last Modified: 27 Aug 2025 08:23
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48550

Actions (login required)

View Item
View Item