Evaluasi Tenaga Perpustakaan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Nomor 05 Tahun 2024 di Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh

Witra Sekar Asih, 210503044 (2025) Evaluasi Tenaga Perpustakaan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Nomor 05 Tahun 2024 di Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang tenaga perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh dalam meningkatkan kualitas layanan berdasarkan SNP PT 05:2024.] Text (Membahas tentang tenaga perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh dalam meningkatkan kualitas layanan berdasarkan SNP PT 05:2024.)
SKRIPSI_WITRA SEKAR ASIH_210503044_FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Membahas tentang tenaga perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh dalam meningkatkan kualitas layanan berdasarkan SNP PT 05:2024.] Text (Membahas tentang tenaga perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh dalam meningkatkan kualitas layanan berdasarkan SNP PT 05:2024.)
SKRIPSI_WITRA SEKAR ASIH_210503044_COVER-BAB 1..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (489kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Evaluasi Tenaga Perpustakaan dalam Peningkatan Kualitas Layanan Berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Nomor 05 Tahun 2024 di Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian tenaga perpustakaan Poltekkes Kemenkes Aceh dalam memberikan layanan berdasarkan indikator Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi (SNP PT) Nomor 05 Tahun 2024. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pustakawan telah memenuhi indikator standar, khususnya pada aspek kompetensi manajerial, teknis, dan sosial kultural. Namun, ditemukan beberapa ketidaksesuaian, antara lain kualifikasi akademik kepala perpustakaan yang belum S2 di bidang ilmu perpustakaan, keterbatasan kemampuan bahasa Inggris, jumlah pustakawan yang belum memenuhi rasio ideal, serta rendahnya penguasaan teknologi informasi, di mana hanya satu pustakawan yang benar-benar menguasai dan mengoperasikan sistem otomasi. Jika dianalisis menggunakan teori SERVQUAL menunjukkan bahwa: (1) Reliability berpotensi menurun karena ketergantungan pada satu pustakawan dalam pengelolaan teknologi; (2) Responsiveness terhambat akibat keterbatasan jumlah tenaga dan keterampilan digital; (3)Tangibles belum optimal karena fasilitas dan teknologi yang tersedia di perpustakaan belum digunakan secara maksimal oleh seluruh pustakawan. (4) Empathy tetap terjaga melalui sikap ramah dan perhatian kepada pengguna; dan (5) Assurance terpenuhi karena seluruh pustakawan memiliki sertifikasi dan pengalaman. Temuan ini menegaskan perlunya peningkatan kompetensi digital, penguatan kemampuan bahasa asing, dan penambahan jumlah tenaga perpustakaan guna mencapai kualitas layanan yang sesuai standar.

Kata kunci: Tenaga Perpustakaan, Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Nomor 05 Tahun 2024, Kualitas Layanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.7 Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: witra Sekar Asih
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:20
Last Modified: 26 Aug 2025 07:20
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48557

Actions (login required)

View Item
View Item