Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Geometri Siswa di SMP/MTs

Miftahul Jannah, 210205001 (2025) Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Geometri Siswa di SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang matematika] Text (membahas tentang matematika)
SKRIPSI_MIFTAHUL_JANNAH_FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[thumbnail of membahas tentang matematika] Text (membahas tentang matematika)
SKRIPSI_MIFTAHUL_JANNAH_BAB1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan literasi numerasi siswa masih tergolong rendah karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain kemampuan awal siswa yang belum memadai, permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran, kurangnya kelihaian guru dalam mencermati dan menangani permasalahan siswa, serta penggunaan pendekatan pembelajaran kurang dapat mendukung berkembangnya kemampuan literasi numerasi siswa. Untuk megatasi masalah tersebut, diterapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan pembelajaran konvensional. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian yaitu Quasy Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsS Mon Malem dan untuk sampelnya yaitu siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode random sampling. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Adapun hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data, didapatkan bahwa t_hitung= 1, 89 dan t_tabel 1,68. Jadi karena t_hitung≥t_tabel atau 1, 89 ≥1, 68, maka terima H_1dan tolak H_0, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) lebih baik daripada kemampuan literasi numerasi siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 516 Geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 26 Aug 2025 05:17
Last Modified: 26 Aug 2025 05:17
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48572

Actions (login required)

View Item
View Item