Evaluasi Persepsi Pengguna Pepustakaan STIES Banda Aceh Terhadap Promosi Perpustakaan Melalui Instagram

Farrah Nadia, 200503072 (2025) Evaluasi Persepsi Pengguna Pepustakaan STIES Banda Aceh Terhadap Promosi Perpustakaan Melalui Instagram. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Evaluasi Persepsi Pengguna Pepustakaan Sties Banda Aceh Terhadap Promosi Perpustakaan Melalui Instagram] Text (Evaluasi Persepsi Pengguna Pepustakaan Sties Banda Aceh Terhadap Promosi Perpustakaan Melalui Instagram)
SKRIPSI FARRAH NADIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Evaluasi Persepsi Pengguna Pepustakaan Sties Banda Aceh Terhadap Promosi Perpustakaan Melalui Instagram] Text (Evaluasi Persepsi Pengguna Pepustakaan Sties Banda Aceh Terhadap Promosi Perpustakaan Melalui Instagram)
SKRIPSI COVER-BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas strategi promosi yang diterapkan oleh Perpustakaan STIES Banda Aceh melalui media sosial, khusunya instagram, dengan menggunakan pendekatan teori AIDA (attention, interest, desire, action). Tujuan dari penelitian ini dalah untuk menilai sejauh mana promosi perpustakaan dapat menarik perhatian, menumbuhkan ketertarikan, membangkitkan keinginan, dan mendorong tindakan pemustaka dalam memanfaatkan layanan perpustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh perpustakaan STIES Banda Aceh belum sepenuhnya efektif. Tahap attention belum sepenuhnya maksimal karena konten yang diunggah kurang relevan dan tidak konsisten. Pada tahap interest, caption yang digunakan pada tahap ini tidak sepenuhya menangkap minat pemustaka. Tahap desire mulai menunjukkan potensi melalui edukasi langsung dan akses ke layanan digital, tetapi belum dapat sepenuhnya menjangkau semua mahasiswa. Di sisi lain, pada tahap action masih terdapat kendala rendahnya tingkat kunjungan ke perpustakaan akibat keterbatadsan informasi dan promosi yang tidak merata. Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan kualitas konten promosi, konsistensi promosi, serta pendekatan yang lebih interaktif dan relevan terhadap kebutuhan digital.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum > 027.7 Perpustakaan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Farrah Nadia
Date Deposited: 27 Aug 2025 05:08
Last Modified: 27 Aug 2025 05:08
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48578

Actions (login required)

View Item
View Item