Pengelolaan Kelas Digital dalam Mewujudkan Kompetensi Literasi Peserta Didik Di MIN 6 Model Banda Aceh

Novita Handiana, 210206118 (2025) Pengelolaan Kelas Digital dalam Mewujudkan Kompetensi Literasi Peserta Didik Di MIN 6 Model Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Kelas Digital dalam Mewujudkan KompetensiLiterasi Peserta Didik Di MIN 6 Model Banda Aceh] Text (Pengelolaan Kelas Digital dalam Mewujudkan KompetensiLiterasi Peserta Didik Di MIN 6 Model Banda Aceh)
NOVITA HANDIANA - 210206118.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[thumbnail of Pengelolaan Kelas Digital dalam Mewujudkan KompetensiLiterasi Peserta Didik Di MIN 6 Model Banda Aceh] Text (Pengelolaan Kelas Digital dalam Mewujudkan KompetensiLiterasi Peserta Didik Di MIN 6 Model Banda Aceh)
NOVITA HANDIANA - 210206118 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan kelas digital dalam mewujudkan kompetensi literasi peserta didik diMIN 6 model Banda Aceh merupakan langkah penting dalam menciptakanlingkungan belajar yang kondusif sesuai tuntutan abad 21.Era digital menuntutadanya transformasi pembelajaran yang mampu mengintegrasikan teknologidengan pengembangan kemampuan literasi peserta didik. Namun di MIN 6 modelBanda Aceh masih terdapat kesenjangan antara ketersediaan teknologi dengankemampuan guru dan siswa dalam memanfaatkannya secara efektif, sehinggapengelolaan kelas digital menjadi sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini 1)untuk mengetahui perencanaan kelas digital dalam meningkatkan kompetensiliterasi peserta didik di MIN 6 model Banda Aceh, 2) Untuk mengetahuipelaksanaan kelas digital dalam mewujudkan kompetensi literasi peserta didik diMIN 6 Model Banda Aceh 3) Untuk mengetahui monitoring dan evaluasi kelasdigital dalam mewujudkan kompetensi literasi peserta didik di MIN 6 modelBanda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatifdengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melaluiobservasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepalamadrasah, waka kurikulum, 2 orang guru, dan 2 orang siswa. Teknik analisis datamenggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajiandata, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwapengelolaan bahwa pengelolaan kelas digital di MIN 6 model Banda Acehdilakukan melalui perencanaan pembelajaran berbasis teknologi, pelaksanaaninteraktif, serta evaluasi digital. Guru memanfaatkan berbagai platform sepertigoogle classroom, canva, dan platform jelajah ilmu yang mendukungpengembangan literasi. Meski demikian masih terdapat kendala berupaketerbatasan jaringan internet dan rendahnya literasi sebagian siswa. Evaluasimenunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dan efektivitaspembelajaran pada beberapa mata pelajaran. Monitoring dan evaluasi yangdilakukan secara berkesinambungan sangat penting untuk menjaminkeberlanjutan serta efektivitas kelas digital dalam mendukung transformasipendidikan di era digital.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Novita Handiana
Date Deposited: 26 Aug 2025 05:34
Last Modified: 26 Aug 2025 05:34
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48615

Actions (login required)

View Item
View Item