Pengelolaan Pembelajaran Digital dalam Pembinaan Minat Belajar Peserta Didik di MIN 20 Aceh Besar

Muhammad Fadhil, 210206013 (2025) Pengelolaan Pembelajaran Digital dalam Pembinaan Minat Belajar Peserta Didik di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Pembelajaran Digital Dalam Pembinaan Minat Belajar Peserta Didik di MIN 20 Aceh Besar] Text (Pengelolaan Pembelajaran Digital Dalam Pembinaan Minat Belajar Peserta Didik di MIN 20 Aceh Besar)
Muhammad Fadhil - 210206013.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Pengelolaan Pembelajaran Digital Dalam Pembinaan Minat Belajar Peserta Didik di MIN 20 Aceh Besar] Text (Pengelolaan Pembelajaran Digital Dalam Pembinaan Minat Belajar Peserta Didik di MIN 20 Aceh Besar)
Muhammad Fadhil - 210206013 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan pembelajaran digital dalam pembinaan minat belajar peserta didik di MIN 20 Aceh Besar. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi informasi yang pesat serta tuntutan globalisasi yang mendorong dunia pendidikan untuk bertransformasi, khususnya dalam penerapan pembelajaran berbasis digital. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) sebagai lembaga pendidikan dasar dituntut mampu memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, fleksibel, dan relevan dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran digital di MIN 20 Aceh Besar meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan, madrasah menyiapkan infrastruktur teknologi dan program pelatihan guru. Pada tahap pelaksanaan, digunakan berbagai media pembelajaran digital untuk menarik minat belajar siswa. Evaluasi dilakukan dengan memantau keterlibatan siswa serta dampaknya terhadap hasil belajar. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur dan literasi digital, pembelajaran digital memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan regulasi, pelatihan guru, serta pengawasan penggunaan teknologi secara bijak dan sesuai nilai-nilai Islami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Fadhil
Date Deposited: 26 Aug 2025 05:39
Last Modified: 26 Aug 2025 05:39
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48617

Actions (login required)

View Item
View Item