Identifikasi Tumbuhan di Pekarangan SMPN 1 Labuhanhaji Sebagai Penunjang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

Silva Mailinda, 200207049 (2025) Identifikasi Tumbuhan di Pekarangan SMPN 1 Labuhanhaji Sebagai Penunjang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Tumbuhan di Pekarangan SMPN 1 Labuhanhaji] Text (Identifikasi Tumbuhan di Pekarangan SMPN 1 Labuhanhaji)
Silva Mailinda, 200207049, FTK, PBL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Identifikasi Tumbuhan di Pekarangan SMPN 1 Labuhanhaji] Text (Identifikasi Tumbuhan di Pekarangan SMPN 1 Labuhanhaji)
Cover - BAB I Silva.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses pembelajaran, di SMP N 1 Labuhanhaji. Banyaknya tumbuhan yang beraneka ragam dan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran terutama materi klasifikasi makhluk hidup. Materi klasifikasi makhluk hidup sering di ajarkan secara tioritis dan buku paket sehingga dengan adanya media pembelajaran yang menarik dapat membuat peserta didik lebih termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang berada di pekarangan sekolah, dan untuk mengetahui hasil uji kelayakan media pembelajaran serta mengetahui respons siswa terhadap buku referensi tambahan identifikasi tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei eksploratif dengan cara melakukan observasi langsung pada Lokasi dan objek pengamatan. Pengambilan sampel dilakukan pada 5 stasiun yaitu stasiun 1, stasiun 2, stasiun 3, stasiun 4, dan stasiun, 5. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, uji kelayakan, respon siswa. Analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tumbuhan spermatophyta yang terdapat di pekarangan sekolah SMPN 1 Labuhanhaji yaitu 37 Spesies tumbuhan spermatophyta dengan 28 famili. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk buku ajar sebagai referensi tambahan pembelajaran klasifikasi makhluk hidup. Uji kelayakan terhadap buku ajar diperoleh 81,05% dengan katagori sangat layak di rekomendasikan sebagai salah satu referensi tambahan yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Respons siswa terhadap buku ajar tergolong dalam katagori sangat layak, dengan nilai persentase 92,61%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa buku ajar klasifikasi makhluk hidup sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 580 Plants (Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman) > 581.6 Aneka Ragaman Tumbuhan Nontaksonomik (termasuk Herba)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Silva Mailinda
Date Deposited: 26 Aug 2025 02:06
Last Modified: 26 Aug 2025 02:06
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48650

Actions (login required)

View Item
View Item