Penerapan Model Learning cycle Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MIN 7 Aceh Besar

Maulida, 210209152 (2025) Penerapan Model Learning cycle Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MIN 7 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Learning cycle Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MIN 7 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Learning cycle Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MIN 7 Aceh Besar)
MAULIDA - 210209152.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[thumbnail of Penerapan Model Learning cycle Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MIN 7 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Learning cycle Berbantuan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V MIN 7 Aceh Besar)
MAULIDA - 210209152 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V MIN 7 Aceh Besar.Permasalahan ini terjadi karena siswa belum memahami materi yang di sampaikanoleh guru, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah tidak MemenuhiKKTP. Dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi danmenerapkan media pembelajaran yang mampu membantu siswa memahami materisecara konkret dan memenuhi KKTP. 1) Bagaimana aktivitas guru mengajar denganmenggunakan model learning cycle berbantuan media diorama pada materiPerubahan lingkungan di kelas V MIN 7 Aceh Besar, 2). Bagaimana aktivitasbelajar siswa melalui penggunaan model learning cycle berbantuan media dioramapada materi perubahan lingkungan di kelas V MIN 7 Aceh Besar, 3). Bagaimanapeningkatan hasil belajar siswa terhadap model learning cycle berbantuan mediadiorama pada materi perubahan lingkungan di kelas V MIN 7 Aceh Besar,Tujuanpenelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan aktivitas guru, 2). aktivitas siswa,3) menganalisis hasil belajar melalui penerapan model learning cycle berbantuanmedia diorama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas(PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaituperencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas V yang berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data dilakukanmelalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Instrumenpenelitian meliputi lembar observasi dan soal tes evaluasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan model learning cycle berbantuan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 1). Aktivitas guru meningkat dari 72,72%pada siklus I menjadi 90,74% pada siklus II. 2). Aktivitas siswa juga meningkat dari 77,27% pada siklus I menjadi 90,62% pada siklus II. 3). Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58,82%, kemudian meningkat pada siklusII menjadi 88,23% dan telah mencapai ketuntasan klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model learning cycle berbantuan media diorama memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:53
Last Modified: 26 Aug 2025 07:53
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48680

Actions (login required)

View Item
View Item