Penerapan Model Pembelajaran Scramble dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh

Fachrumi Hidayanti, 210209165 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Scramble dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Scramble dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Scramble dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh)
Fachrumi Hidayanti - 210209165.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Scramble dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Scramble dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh)
Fachrumi Hidayanti - 210209165 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh, ditemukan bahwa banyak siswa yang nilai rata-ratanya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Scramble. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 19 siswa, dan data dikumpulkan melalui tes dan lembar observasi, kemudian dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru meningkat dari 72,37% pada siklus I menjadi 96,05%
pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari 78,33% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari 68,42% pada siklus I menjadi 82,47% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model scramble efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fachrumi Hidayanti
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:43
Last Modified: 26 Aug 2025 07:43
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48685

Actions (login required)

View Item
View Item