Reni Mawaddah, 210209161 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Interaktif Animasi Dalam Pembelajaran IPAS Untuk meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas lV MIN 7 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
RENI MAWADDAH - 210209161.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
RENI MAWADDAH - 210209161 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran IPAS di kelas lV MIN 7 Aceh besar di temukan permasalahan terkait rendahnya prolehan hasil belajar peserta didik.Di mana guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan sintak yang lengkap dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka tindakan alternatif yang di ambil adalah dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan Media interaktif animasi pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan Penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan aktivitas guru, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa serta (3) menganalisis hasil belajar, melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media interaktif animasi di kelas lV MIN 7 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas lV MIN 7 Aceh Besar yang berjumlah 15 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu, Observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa dan lembar tes. Penerapan model inkuiri berbantuan media interaktif animasi dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan Hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus 1 yaitu 74% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85%, (2) Aktivitas peserta didik Pada siklus l yaitu 73% dan mengalami peningkatan pada siklus ke ll menjadi 88% dan (3) ketuntasan hasil belajar pada siklus l 50% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan Media interkatif animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Fotosintesis pada kelas lV MIN 7 Aceh Besar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Reni Mawaddah |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:26 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 07:26 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48696 |
