Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perubahan Sosial Emosi Anak Usia Dini(Studi Kasus di TK Swasta Pante Raya Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah)

Miftahul Lutfiana, 200402071 (2025) Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perubahan Sosial Emosi Anak Usia Dini(Studi Kasus di TK Swasta Pante Raya Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah). Other thesis, Fakultas dakwah dan komunikasi.

[thumbnail of DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Swasta Pante Raya Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah)] Text (DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Swasta Pante Raya Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah))
Alhamduliah skripsi w.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Swasta Pante Raya Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah)] Text (DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA DINI (Studi Kasus di TK Swasta Pante Raya Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah))
Alhamduliah skripsi w-1-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (990kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap perubahan sosial emosi anak usia dini di TK Swasta Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah. Manfaat penelitian ini meliputi kontribusi akademis sebagai referensi ilmiah, manfaat praktis dalam memberikan solusi terhadap fenomena penggunaan gadget di masyarakat, serta manfaat teoritis untuk memperkaya pemahaman orang tua mengenai pengaruh gadget terhadap perilaku sosial emosi anak. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan observasi, wawancara mendalam dengan anak, orang tua, dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang terbatas dan terawasi memberikan dampak positif, seperti peningkatan kepercayaan diri, kemampuan mengekspresikan emosi, pengendalian diri, interaksi sosial yang baik, serta perilaku prososial. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan tanpa pengawasan berdampak negatif, antara lain kesulitan mengelola emosi, menurunnya interaksi sosial, kecenderungan memilih interaksi virtual, penurunan kontrol diri, dan perilaku prososial yang buruk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa durasi dan pengawasan penggunaan gadget sangat menentukan dampak terhadap perkembangan sosial emosi anak. Saran yang diberikan meliputi perlunya edukasi orang tua, pembatasan waktu penggunaan gadget, penyediaan fasilitas bermain, dan promosi aktivitas alternatif yang menarik untuk mendukung perkembangan sosial emosional anak secara optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 152.4 Humor
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Miftahul Lutfiana
Date Deposited: 27 Aug 2025 03:41
Last Modified: 27 Aug 2025 03:41
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/48924

Actions (login required)

View Item
View Item