Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Flashcard pada Pelajaran PPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V SDN Aron Kabupaten Pidie

Rizqa Salsabila, 210209049 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Flashcard pada Pelajaran PPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V SDN Aron Kabupaten Pidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Flashcard pada Pelajaran PPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V SDN Aron Kabupaten Pidie] Text (Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Flashcard pada Pelajaran PPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V SDN Aron Kabupaten Pidie)
Rizqa Salsabila 210209049.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Flashcard pada Pelajaran PPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V SDN Aron Kabupaten Pidie] Text (Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Flashcard pada Pelajaran PPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas V SDN Aron Kabupaten Pidie)
Rizqa Salsabila 210209049 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (810kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan tes yang telah dilakukan di kelas V SDNAron Kabupaten Pidie, ditemukan beberapa permasalahan yang terjadi, sepertitidak aktif dan tidak bersemangat ketika mengikuti pelajaran. Oleh karena itupeneliti memutuskan untuk menggunakan model pembelajaran Team GamesTournament berbantuan media flashcard. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran TeamGames Tournament yang berbantuan media flashcard pada pelajaran PPS di dalamkelas. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaranTeam Games Tournament yang berbantuan media flashcard pada pelajaran PPS didalam kelas. (3) Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan modelpembelajaran Team Games Tournament yang berbantuan media flashcard padapelajaran PPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Aron. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas V SDN Aron Kabupaten Pidie, yang berjumlah 13siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan pengumpulan data melalui Lembar Observasi Aktivitas Guru, LembarObservasi Aktivitas siswa, Lembar Tes Evaluasi Hasil Belajar. Berdasarkan hasilyang didapatkan pada siklus I, observasi aktivitas guru memperoleh skor persentasesebesar 77,38%, observasi aktivitas siswa memperoleh skor persentase sebesar78,57%,dan hasil belajar siswa memperoleh skor persentase sebesar 69,23%masing-masing dengan kategori baik. Selanjutnya pada penelitian siklus II, semuaobservasi telah meningkat. Observasi aktivitas guru memperoleh skor 94,04%,observasi aktivitas siswa memperoleh skor 94,04%, dan hasil belajar siswamemperoleh skor 92,30% dengan masing-masing kategori sangat baik. Dapatdisimpulkan bahwa, dengan menggunakan model Team Games Tournament berbantuan media flashcard dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, danhasil belajar siswa kelas V SDN Aron Kabupaten Pidie

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rizqa Salsabila
Date Deposited: 26 Aug 2025 07:32
Last Modified: 26 Aug 2025 07:32
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49047

Actions (login required)

View Item
View Item