Seri Wahyuni, 210209154 (2025) Pengembangan Modul Ajar Elektronik Berbasis Etnosains Inkuiri pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Aceh Tengah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
SERI WAHYUNI - 210209154.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
SERI WAHYUNI - 210209154 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (748kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar berbasis etnosains inkuiri pada mata Pelajaran IPAS materi kenampakan alam. Berdasarkan analisis kebutuhan diketahui bahwa materi yang terdapat pada buku pelajaran tidak berdasarkan pada aspek pembelajaran kontekstual sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan desain pengembangan modul ajar elektronik berbasis etnosains inkuiri, mengetahui kelayakan modul ajar elektronik berbasis etnosains inkuiri dan mengetahui kepraktisan modul ajar elektronik berbasis etnosains inkuiri yang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Alessi and Trollip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar elektronik berbasis etnosains inkuiri telah memenuhi kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi media diperoleh skor 99,1%, hasil validasi materi diperoleh skor 97,7% dan hasil validasi bahasa diperoleh skor 81,9%. Selain itu, data hasil respon guru dan peserta didik pada lembar kepratisan modul ajar elektronik berbasis etnosains inkuiri telah memenuhi kategori sangat praktis berdasarkan hasil respon lembar kepraktisan guru diperoleh skor 95,5% dan hasil respon lembar kepraktisan peserta didik diperoleh skor 94,5%. Berdasarkan hasil penelitian maka modul ajar elektronik berbasis etnosains inkuiri pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 3 Celala telah dikembangkan melalui tahapan model Alessi and Trollip serta sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Seri Wahyuni |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 07:22 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 07:22 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49170 |
