Ghaifira Husna Putri, 210207055 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5 (2). pp. 465-470. ISSN 2798-365X
![[thumbnail of membahas tentang penerapan problem based learning]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CamScanner 25-08-2025 21.40.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (38MB)
![[thumbnail of membahas tentang penerapan problem based learning]](http://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ghaifira_Husna_Putri_210207055.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (36MB)
Abstract
Capaian belajar merefleksikan hasil evaluatif dari aktivitas pembelajaran, yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang dijalankan efektif apabila diiringi perubahan perilaku, kompetensi dan penguasaan informasi siswa. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar meliputi kapasitas individu, motivasi serta lingkungan sekitar. Siswa kelas tujuh MTsN 2 Banda Aceh memiliki prestasi akademik yang buruk, terutama dalam hal mengklasifikasikan makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa dari penggunaan model pembelajaran PBL dengan materi audiovisual tentang klasifikasi makhluk hidup. Metodologi penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif pra-eksperimen. Guru belum menggunakan beragam model atau media dalam proses pembelajaran untuk mengejar ketertinggalan, siswa hanya menerima informasi dari guru tanpa berusaha belajar sendiri. Desain penelitian ini adalah pretes-postes satu kelompok. Data dievaluasi menggunakan uji normalitas gain dan rumus N-gain serta analisis uji-t. Statistik menunjukkan bahwa skor rata-rata pretes adalah 37 dan skor rata-rata postes adalah 83. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,72 pada kelompok tinggi. Analisis uji-t menunjukkan bahwa skor pra-tes dan pasca-tes berbeda secara signifikan secara statistik, dengan thitung lebih kecil dari ttabel (thitung = -24,697 < ttabel = 2,030). Penggunaan model pembelajaran PBL yang dipadukan dengan sumber daya media audio visual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan di MTsN 2 Banda Aceh.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ghaifira Husna Putri |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 03:16 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 03:16 |
URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49181 |