Muhammad Razi, 200602080 (2025) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Warung Kopi Solong Di Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Muhammad Razi, 200602080, FEBI, ES, 085224721403.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Muhammad Razi, 200602080, FEBI, ES.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Dalam perspektif ekonomi Islam, strategi pemasaran harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, seperti keadilan, transparansi, serta menghindari unsur gharar dan riba. Oleh karena itu, pelaku usaha warung kopi tidak hanya perlu fokus pada keuntungan finansial, tetapi juga pada kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan usaha warung kopi Solong di Banda Aceh. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, melalui wawancara langsung dengan informan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Warung Kopi Solong mengutamakan kualitas produk, pelayanan ramah, dan harga bersaing, serta dipadukan dengan nilai-nilai syariah seperti kejujuran dan keadilan. Analisis SWOT menegaskan kekuatan pada cita rasa khas dan nilai budaya, meski menghadapi tantangan persaingan dan tren konsumen. Integrasi strategi berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat menjadikan usaha ini mampu bertahan dan berkembang secara etis.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Muhammad Razi |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 03:29 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 03:29 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49334 |
