Penerapan Konseling Individual Menggunakan Cognitive behvioral Therapy untuk meningkatkan Self Esteem menggunakan konseling Individual di SMK Negeri 1 Sigli

Wirady Noval, 190213024 (2025) Penerapan Konseling Individual Menggunakan Cognitive behvioral Therapy untuk meningkatkan Self Esteem menggunakan konseling Individual di SMK Negeri 1 Sigli. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Cognitive Behavioral Therapy, Self Esteem, Konseling individual] Text (Cognitive Behavioral Therapy, Self Esteem, Konseling individual)
Wirady Noval, 190213024, FTK, BK. 082123057998.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Cognitive Behavioral Therapy, Self Esteem, Konseling individual] Text (Cognitive Behavioral Therapy, Self Esteem, Konseling individual)
Wirady Noval, 190213024, FTK, BK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Self-esteem atau harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya sendiri yang mencakup perasaan berharga, kemampuan dan penerimaan diri, serta merupakan faktor penting dalam perkembangan kepribadian siswa terutama pada masa remaja. Siswa yang memiliki self-esteem rendah cenderung memiliki pikiran negatif dan pandangan tidak realistis terhadap diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan self-esteem siswa melalui konseling individual dengan pendekatan CBT (Cognitive Behavior Therapy). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre eksperimen berbentuk One Group Pre- Test-Post-Test Design. Populasi berjumlah 69 siswa kelas X-AKT 1 dan X-AKT 2 di SMK Negeri 1 Sigli dan sampel penelitian berjumlah 3 siswa dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan skala self-esteem untuk mengukur tingkat harga diri siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dengan taraf signifikan 5%, paired samples t-test, dan uji N-Gain dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil paired samples t-test bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sesudah dan sebelum diberikan konseling individual dengan CBT, hal ini membuktikan bahwa hasil uji hipotesis self-esteem siswa sebelum dan sesudah mempunyai skor yang lebih tinggi. Berdasarkan skor tafsiran efektifitas N-Gain termasuk kategori kurang efektif namun setiap siswa mengalami peningkatan dari kategori sangat rendah menjadi sedang. Dapat disimpulkan dari penelitian ini bahwa konseling individual dengan pendekatan CBT dapat meningkatkan self-esteem siswa di SMK 1 Sigli

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Wirady Noval
Date Deposited: 29 Sep 2025 09:11
Last Modified: 29 Sep 2025 09:11
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49363

Actions (login required)

View Item
View Item