Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Yang Mengalami Body Shaming

Masyittahsya Nashwa, 210213071 (2025) Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa Yang Mengalami Body Shaming. jurnal.quanta@ikipsiliwangi.ac.id, 9 (3). ISSN 2614-6223 (Submitted)

[thumbnail of Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem] Text (Efektivitas Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem)
Masyittahsya Nashwa, 210213071, FTK, BK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena body shaming yang marak terjadi di kalangan remaja berdampak serius pada perkembangan psikologis, terutama pada aspek harga diri (self-esteem). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan self-esteem siswa yang menjadi korban body shaming. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri atas 8 siswa kelas VIII yang memiliki self-esteem rendah berdasarkan hasil angket dan dipilih melalui teknik purposive sampling. Intervensi dilakukan melalui empat sesi konseling kelompok yang berfokus pada penguatan kontrol diri, penerimaan sosial, nilai diri, dan kepercayaan terhadap kemampuan pribadi. Analisis data menggunakan paired sample t-test menunjukkan peningkatan self-esteem yang signifikan (p = 0,000). Keempat aspek self-esteem, yaitu power, significance, virtue, dan competence, mengalami peningkatan setelah intervensi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa layanan konseling kelompok efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa yang mengalami body shaming. Temuan ini memberikan kontribusi teoretis dengan memperkuat kajian efektivitas konseling kelompok dalam setting pendidikan serta menegaskan pentingnya pendekatan humanistik dalam intervensi psikososial. Secara praktis, penelitian ini menjadi rujukan bagi guru bimbingan dan konseling dalam merancang layanan yang lebih sistematis untuk mendukung kesehatan mental siswa, sekaligus sebagai dasar pengembangan program pencegahan body shaming di sekolah

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Masyittahsya Nashwa
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:58
Last Modified: 27 Aug 2025 07:58
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49449

Actions (login required)

View Item
View Item