Ahmad Malawi, 200202114 (2025) Perbandingan antara Metode Tahawuriyyah dan Metode Qawa'id wa Tarjamah dalam Pengajaran Nahwu dengan Menggunakan Kitab Jurumiyyah (Studi Eksperimen di MUQ Pagar Air). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Ahmad Malawi, 200202114, FTK, PBA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Cover - BAB I Malawi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas Metode Hiwariyyah dan Metode Qawa'id wa Tarjamah dalam pengajaran Nahwu menggunakan kitab Jurumiyyah, serta mengetahui metode mana yang lebih baik digunakan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes. Populasi penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas sepuluh di MUQ Pagar Air, dengan total 114 siswa. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 26 siswa dari kelas "A" dan 28 siswa dari kelas "B." Hipotesis diuji menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil tes menunjukkan bahwa pengajaran Nahwu dengan Metode Hiwariyyah dan Metode Qawa'id wa Tarjamah menggunakan kitab Jurumiyyah efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam Nahwu, dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Selain itu, Metode Qawa'id wa Tarjamah terbukti lebih efektif dibandingkan dengan Metode Hiwariyyah dalam pengajaran Nahwu kepada siswa MUQ Pagar Air menggunakan kitab Jurumiyyah
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Ahmad malawi |
| Date Deposited: | 27 Aug 2025 02:37 |
| Last Modified: | 27 Aug 2025 02:37 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49457 |
