Analisis Program Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD Di RA-Al Ikhsan

Riska Munandar, 190210060 (2025) Analisis Program Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD Di RA-Al Ikhsan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Program Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD Di RA-Al Ikhsan] Text (Analisis Program Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD Di RA-Al Ikhsan)
Riska Munandar, 190210060, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Analisis Program Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD Di RA-Al Ikhsan] Text (Analisis Program Kewirausahaan Dalam Pembelajaran PAUD Di RA-Al Ikhsan)
Riska Munandar, 190210060, FTK, PIAUD - cover-bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Minimnya integrasi pendidikan kewirausahaan dalam pembelajaran anak usia dini menjadi tantangan dalam menanamkan jiwa mandiri, kreatif, dan bertanggung jawab sejak dini. Program kewirausahaan di lembaga PAUD masih sering bersifat insidental dan belum terstruktur dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan kendala pelaksanaan program kewirausahaan dalam pembelajaran di RA Al-Ikhsan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian ditentukan secara purposive, melibatkan satu guru kelas, satu kepala sekolah, dan lima belas siswa yang aktif dalam kegiatan kewirausahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kewirausahaan di RA Al-Ikhsan diintegrasikan dalam pembelajaran tematik melalui kegiatan berbasis praktik seperti memasak dan menjual hasil karya anak. Kegiatan ini efektif menanamkan nilai-nilai kemandirian, tanggung jawab, kerja sama, kreativitas, dan sikap prososial. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan dana dan sarana, rendahnya partisipasi orang tua, keterbatasan waktu, serta minimnya kesiapan guru. Belum adanya strategi penanganan yang sistematis juga menjadi hambatan dalam pengembangan program secara optimal. Untuk mengatasi hal tersebut, beberapa solusi yang dapat diterapkan antara lain menjalin kerja sama dengan pihak luar, mengintensifkan komunikasi dengan orang tua, mengintegrasikan kewirausahaan ke dalam tema pembelajaran, serta meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan. Dengan dukungan yang lebih terstruktur dan kolaboratif, program kewirausahaan di RA Al-Ikhsan memiliki potensi besar dalam menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Program Kewirausahaan, Pembelajaran, AUD
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Riska Munandar
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:52
Last Modified: 27 Aug 2025 07:52
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49491

Actions (login required)

View Item
View Item