Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Uin Ar-Raniry

Teungku Geubrina Rezeky, 190503039 (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Uin Ar-Raniry. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Uin Ar-Raniry] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Uin Ar-Raniry)
Teungku Geubrina Rezeky, 190503039 (2025).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Uin Ar-Raniry] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Uin Ar-Raniry)
Teungku Geubrina Rezeky, 190503039 (2025) Cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Loyalitas Mahasiswa UIN Ar-Raniry.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry terhadap loyalitas mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket, dan dokumentasi. Dalam menentukan sampel penelitian menggunakan rumus slovin dengan sampel sebanyak 98 responden yang diambil dari 5.365 populasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan perpustakaan berdasarkan analisis deskriptif, berada pada kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata 67,84 dengan standar deviasi 8,12. Sedangkan pada tingkat loyalitas mahasiswa terhadap perpustakaan berada pada kategori baik, dengan nilai rata-rata 39,26 dengan standar deviasi 4,67. Dari hasil uji hipotesis deskriptif terbukti bahwa H₀: Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan perpustakaan terhadap loyalitas mahasiswa Universitas UIN Ar-Raniry. Ha: Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan perpustakaan terhadap loyalitas mahasiswa Universitas UIN Ar-Raniry. Dari hasil uji korelasi Pearson menunjukkan hubungan positif dan kuat antara kualitas pelayanan dan loyalitas mahasiswa (r = 0,756, p < 0,01) artinya, setiap peningkatan 1 poin skor kualitas pelayanan akan meningkatkan loyalitas mahasiswa sebesar 0,397 poin. Nilai R² sebesar 0,572 menunjukkan bahwa 57,2% variasi loyalitas mahasiswa dijelaskan oleh kualitas pelayanan, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Uji t menunjukkan pengaruh signifikan (t-hitung = 8,822 > t-tabel = 1,984, p = 0,000), sehingga hipotesis alternatif diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan UIN Ar-Raniry berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Maka semakin tinggi kualitas pelayanan, semakin tinggi juga tingkat loyalitas mahasiswa.
(Kata Kunci: Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Mahasiswa)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.6 Jasa Sirkulasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Teungku Geubrina Rezeky
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:52
Last Modified: 06 Oct 2025 07:52
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49515

Actions (login required)

View Item
View Item