Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII SMPN 19 Takengon

Anisa Ayu Rizki, 210207050 (2025) Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII SMPN 19 Takengon. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi canva] Text (Membahas tentang penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi canva)
Cover-Bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[thumbnail of Membahas tentang penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi canva] Text (Membahas tentang penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi canva)
SKRIPSI ANISA AYU RIZKI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMPN 19 Takengon selama ini masih berlangsung secara konvesional, di mana kebiasaan guru lebih dominan menggunakan media buku dan papan tulis tanpa melibatkan penggunan media pembelajaran yang variatif dan inter-aktif. Hal ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif dalam proses belajar, serta mengalami kesulitan dalam memahami konsep IPA yang bersifat abstrak. Upaya da-lam mengatasi permasalahan ini salah satunya adalah dengan menerapkan media pem-belajaran berbantuan aplikasi canva. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 19 Takengon. Penelitian ini menggunakan metode pre- experiment menggunakan jenis desain one group pre-test and post-test desaign. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Takengon yang terdiri dari satu kelas saja, sedangkan sampel dalam penelitian ini ada-lah peserta didik kelas VII yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik pengumpulan da-ta meliputi Observasi untuk mengukur aktivitas belajar dan Tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan rumus per-sentase dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Berdasarkan data ob-servasi, rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik mencapai kategori sangat aktif, yaitu 77% pada pertemuan pertama dan 78% pada pertemuan kedua. Skor rata-rata pre-test adalah 32 dengan kategori tidak tuntas, sedangkan skor rata-rata post-test meningkat menjadi 78 dengan kategori tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan media pembelajaran berbantuan aplikasi canva tuntas meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, serta mencapai KKM yang te-lah ditetapkan.
Kata Kunci: Media Canva, Klasifikasi Makhluk Hidup, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Anisa Ayu Rizki
Date Deposited: 15 Sep 2025 02:26
Last Modified: 15 Sep 2025 02:26
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49612

Actions (login required)

View Item
View Item