Sinta Puji Lestari, 190503097 (2025) Dampak Model Pembelajaran Digital terhadap Pemanfaatan Perpustakaan (Studi Kasus Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Sinta Puji Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Sinta Puji Lestari-1-25.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (987kB)
Abstract
Skripsi ini berjudul”Dampak Model Pembelajaran Digital Terhadap Pemanfaatan Perpustakaan Studi Kasus Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran digital terhadap pemanfaatan perpustakaan di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh pada bulan Juli – Agustus 2025 dengan sampel yang berjumlah 45 siswa dari kelas 5 dan kelas 6. Penentuan sampel menggunakan teknik stratified sampling dengan pendekatan teknik probability sampling. Teknik pengolahan data menggunakan rumus regresi linear sederhana dengan program SPSS. Berdasarkan hasil uji regresi linear, diperoleh hasil persamaan regresi Y= 8,333 + 0,477 X. konstanta mempunyai nilai sebesar 8,333 yang artinya jika variabel pembelajaran digital konstan, maka peningkatan pemanfaatan perpustakaan sebesar 8,333. Model pembelajaran digital (X) sebesar 0,477 yang artinya jika terjadi kenaikan sebesar 1 satuan maka akan meningkatkan pemanfaatan perpustakaan sebesar 0,477. Hasil dari uji signifikansi menunjukkan nilai regresi sebesar 0,004 kurang dari 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran digital berdampak positif terhadap pemanfaatan perpustakaan Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Koefisien determinasi ( R square) diperoleh sebesar 0,174 yang artinya variabel X (model pembelajaran digital) memiliki dampak terhadap variabel Y ( pemanfaatan perpustakaan) sebesar 17,4% dan dapat diartikan berpengaruh sangat rendah, sedangkan sisanya 82,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
| Depositing User: | Sinta Puji Lestari |
| Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:36 |
| Last Modified: | 27 Aug 2025 07:36 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49618 |
