Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Realia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 40 Banda Aceh

Hilmatunnisa, 210209160 (2025) Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Realia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 40 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Realia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 40 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Realia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 40 Banda Aceh)
HILMATUNNISA - 210209160.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Realia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 40 Banda Aceh] Text (Penerapan Model Learning Cycle Berbantuan Media Realia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kelas V SDN 40 Banda Aceh)
HILMATUNNISA - 210209160 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (799kB)

Abstract

Proses pelaksanaan Pembelajaran IPAS kelas V SDN 40 Banda Aceh ditemukanpermasalahan rendahnya hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang dilakukanguru juga masih kurang melibatkan siswa, siswa hanya mendengarkan penjelasanguru tentang materi tanpa didukung dengan penggunaan media yang bervariasi.Salah satu cara untuk melibatkan siswa secara aktif adalah dengan menggunakanmodel Learning Cycle. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis aktivitasguru dengan menerapkan model Learning Cycle berbantuan media realia dalampeningkatan hasil belajar siswa (2) Untuk menganalisis aktivitas siswa denganmenerapkan model Learning Cycle berbantuan media realia dalam peningkatanhasil belajar siswa (3) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa denganmenerapkan model Learning Cycle berbantuan media realia. Metode yangdigunakan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitianberjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan melaluiObservasi guru, observasi siswa, serta tes hasil belajar siswa. Analisis data dalampenelitian ini menggunakan rumus persentase. Hasil analisis data penelitianmenunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai persentase yaitu66,66% kategori baik dan pada siklus II diperoleh nilai persentase 90,90% kategoriBaik sekali. Aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai 76,13% dengan kategori baik ,terjadi peningkatan pada aktivitas siswa siklus II memperoleh nilai persentase87,72% kategori baik sekali. Hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai 60,00kategori cukup , pada siklus II terjadi peningkatan nilai persentase 86,66% padakategori baik sekali. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapanmodel learning cycle berbantuan media realia dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas V SDN 40 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hilmatun nisa
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:51
Last Modified: 30 Sep 2025 09:32
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49631

Actions (login required)

View Item
View Item