Strategi Guru dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Area di TK Cut Meutia Banda Aceh

Tasyatul Mahfirah, 210210046 (2025) Strategi Guru dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Area di TK Cut Meutia Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Area Di TK Cut Meutia Banda Aceh] Text (Strategi Guru Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Area Di TK Cut Meutia Banda Aceh)
SKRIPSI Tasyatul Mahfirah fix2 (1) (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[thumbnail of Strategi Guru Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Area Di TK Cut Meutia Banda Aceh] Text (Strategi Guru Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Area Di TK Cut Meutia Banda Aceh)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Strategi guru dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi anak usia dini. TK Cut Meutia Banda Aceh melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran area, TK Cut Meutia merupakan TK dengan kategori mandiri berubah. Sangat menarik untuk dilihat bagaimana TK Cut Meutia mengelola pembelajaran area dalam kurikulum merdeka, karna kurikulum merdeka cenderung menggunakan pembelajaran berbasis projek dan berdiferesiansi. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam pengelolaan model pembelajaran area di TK Cut Meutia Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskritif yang menggunakan Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap dua orang guru sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi yang meliputi lima indikator utama, yaitu perencanaan dilakukan oleh guru dengan menyusun prosem, RPPH dengan menggunakan model area dan asesmen. Pelaksanaan dengan menggunakan 3 area dan anak bebas memilih area.evaluasi dan penilaian guru melakukan penilaian dengan menggunakan instrumen cheklist dan portofolio harian. Kendalanya waktunya tidak cukup dan sumber belajar yang tidak bervariasi. Serta strategi mengatasi kendala guru harus lebih memahami tentang pembelajaran area, serta harus meningkatkan kompetensi diri tentang cara mencari sumber belajar yang kreatif. Kesimpulannya, guru di TK Cut Meutia memiliki strategis yang adaptif untuk kurikulum merdeka dalam menciptakan pembelajaran area yang efektif, fleksibel, dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.2 Pendidikan Dasar tingkat Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tasyatul Mahfirah
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:15
Last Modified: 04 Sep 2025 08:15
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49639

Actions (login required)

View Item
View Item