Penerapan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas VSD Negeri 69 Banda Aceh

Nuzulia Putri, 210209024 (2025) Penerapan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas VSD Negeri 69 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas VSD Negeri 69 Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas VSD Negeri 69 Banda Aceh)
Nuzulia Putri - 210209024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas VSD Negeri 69 Banda Aceh] Text (Penerapan Metode Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pembelajaran Matematika Kelas VSD Negeri 69 Banda Aceh)
Nuzulia Putri - 210209024 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti di kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh pada proses pembelajaran matematika materi bilangan cacah, terlihat rendahnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran serta masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan. Kondisi ini berdampak langsung pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, diterapkan metode pembelajaran Game Based Learning guna meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan metode Game Based Learning pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh? (2) Bagaimana aktivitas peserta didik dalam penerapan metode tersebut? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode Game Based Learning? Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) observasi aktivitas guru, (2) observasi aktivitas peserta didik, dan (3) tes hasil belajar. Analisis data dilakukan melalui perhitungan persentase berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru meningkat dari 69,8% pada siklus I menjadi 89,5% pada siklus II. (2) Aktivitas peserta didik juga meningkat dari 77,4% pada siklus I menjadi 96,4% pada siklus II. (3) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 53,33% (16 siswa tuntas dari 30 peserta didik) pada siklus I menjadi 86,67% (26 siswa tuntas dari 30 peserta didik) pada siklus II, sehingga telah tercapai ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Game Based Learning berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, serta hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulia Putri
Date Deposited: 24 Sep 2025 03:18
Last Modified: 24 Sep 2025 03:18
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49689

Actions (login required)

View Item
View Item