Dewi Astuti, 210207075 (2025) PENERAPAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) PADA SUBMATERI JAMUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 6 ACEH BESAR. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
skripsi upload full dewi astuti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
skripsi upload cover-bab 1 dewi astuti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (525kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasaahan yang ditemukan pada saat wawancara dengan siswa dan guru mata pelajaran biologi, yaitu kurangnya variasi metode 
pembelajaran yang digunakan oleh guru Biologi, sehingga hal tersebut menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas X MAN 6 Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Keterampilan Proses Sains (KPS) serta peningkatan hasil belajar siswa kelas X MAN 6 Aceh Besar pada sub materi Jamur dengan penerapan metode pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimen yang terdapat pretest dan postest sebelum dan setelah diberikan treatment. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal (pretest dan postest) dan 
lembar observasi Keterampilan Proses Sains (KPS). Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif serta menampilkan presentase hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
Peningkatan keterampilan proses sains siswa tergolong kategori sangat baik. Hasil perhitungan persentase menunjukkan bahwa siswa mampu menguasai keterampilan proses sains dengan rata-rata persentase diatas 85% dan nilai rata-rata yang diperoleh setiap kelompok adalah 92,25%, dan nilai rata-rata aspek dengan jumlah 92%. Peningkatan persentase hasil belajar siswa didapatkan dari pengurangan persentase nilai 
tuntas saat postest dengan persentase nilai tuntas saat pretest. Persentase nilai tuntas pretest adalah 0% sedangkan persentase nilai tuntas saat postest adalah 90%. Serta persentase nilai tidak tuntas pretest adalah 100% sedangkan persentase nilai tidak tuntas saat postest adalah 10%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama, persentase rata-rata dalam setiap aspek Keterampilan Proses Sains (KPS) yaitu untuk keterampilan mengamati sebesar 87,5%, keterampilan mengklasifikasikan sebesar 93,75%, keterampilan mengkomunikasikan sebesar 93,75%, dan keterampilan menyimpulkan sebesar 93,75%. Kedua, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 90%.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 630 Agriculture and Related Technologies (Pertanian dan Teknologi yang Berkaitan) | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi | 
| Depositing User: | Dewi Astuti | 
| Date Deposited: | 27 Aug 2025 07:43 | 
| Last Modified: | 27 Aug 2025 07:43 | 
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49697 | 
        		
		            
		        