Analisis Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Anak

Rahmatika Dewi, 210210069 (2025) Analisis Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2). pp. 282-294. ISSN 2723-6390

[thumbnail of tentang Analisis Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Anak] Text (tentang Analisis Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Anak)
LOA + Jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[thumbnail of tentang Analisis Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Anak] Text (tentang Analisis Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Anak)
Analisis Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab pada Anak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (504kB)

Abstract

Metode pembiasaan dalam membentuk karakter tanggung jawab sangat penting diterapkan untuk membentuk rasa tanggung jawab dalam diri anak. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di TKIT Syeikh Abdurrauf, peneliti menemukan guru telah menerapkan metode pembiasaan dalam membentuk karakter dalam diri anak salah satunya karakter tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut mengenai metode pembiasaan dalam membentuk karakter tanggung jawab pada anak di TKIT Syeikh Abdurrauf. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang melibatkan dua orang guru dikelas B3 di TKIT Syeikh Abdurrauf sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan di TKIT Syeikh Abdurrauf telah menerapkan metode pembiasaan secara rutin dalam membentuk karakter tanggung jawab pada anak seperti: menggunakan jurnal harian dan bekerja sama dengan orang tua, konsisten guru dalam membiasakan anak merapikan alat tulis dan mainan, mengikuti aturan secara tertib, kebersihan menjaga, memberikan contoh (modeling) langsung dan penguatan positif dengan memberikan pujian tepuk tangan kepada anak. Pembiasaan yang dilakukan guru dengan melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari secara konsisten akan membentuk karakter tanggung jawab dalam diri anak.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rahmatika Dewi
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:58
Last Modified: 27 Aug 2025 07:58
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49741

Actions (login required)

View Item
View Item