Natasya Tria Anggraini, 210213046 (2025) Pengembangan Media Buku harian sebagai upaya mengembangkan Kecerdasan Emosional siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
CETAK TERUS YAA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (23MB)
COVER - BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain dan kemampuan untuk membina hubungan baik dengan orang lain. Namun, masih banyak siswa yang memiliki kecerdasaan emosional yang rendah tidak mampu mengelola emosinya sendiri, menjadi seorang yang pemarah, tidak ada rasa empati terhadap perasaan sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, dengan memberikan media buku harian dapat menjadikan siswa untuk dapat melatih emosi, memahami emosi dan dapat mengenali dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku harian emosi untuk kecerdasan emosional siswa dan untuk mengetahui kelayakan media buku harian untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4-D (Four-D) yang terdiri dari defini (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dessimination (penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, validasi media buku harian di validasi oleh ahli media memperoleh hasil persentase kelayakan rata-rata sebanyak 95,7% dengan kategori “sangat layak” dan validasi media buku harian di validasi oleh ahli materi memperoleh hasil persentase kelayakan rata-rata sebanyak 97,4% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan untuk respon siswa memperoleh persentase 92,6% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media buku harian sangat layak digunakan dalam proses layanan BK untuk mengembangkan kecerdasan emosional dalam kalangan siswa. Diperlukan uji coba dilapangan penggunaan buku harian untuk mengembangkan kecerdasan emosional siswa.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Natasya Tria Anggraini |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:07 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 07:07 |
| URI: | http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49746 |
