Penerapan Konseling Kelompok dalam Menurunkan Stres Akademik Siswa di MTsN 1 Banda Aceh

Zahra Aulia Suni, 210213037 (2025) Penerapan Konseling Kelompok dalam Menurunkan Stres Akademik Siswa di MTsN 1 Banda Aceh. Continuous Education : Journal of Science and Research, 6 (2): 18. pp. 333-346. ISSN 2746-8224

[thumbnail of Penerapan Konseling Kelompok dalam Menurunkan Stres Akademik Siswa di MTsN 1 Banda Aceh] Text (Penerapan Konseling Kelompok dalam Menurunkan Stres Akademik Siswa di MTsN 1 Banda Aceh)
ZAHRA AULIA SUNI , REPOSITORY , 210213037.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (333kB)

Abstract

Stres akademik merupakan permasalahan psikologis yang sering dialami siswa, terutama pada jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs), seiring meningkatnya beban tugas, tekanan ujian, dan ekspektasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dalam menurunkan stres akademik siswa MTsN 1 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 8 siswa kelas VIII yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan hasil pretest yang menunjukkan tingkat stres tinggi. Intervensi dilakukan selama dua minggu dalam tiga sesi konseling kelompok. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala stres akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest sebesar 62,25 menurun menjadi 31,25 pada posttest. Uji Paired Sample t-test menunjukkan nilai t sebesar 18,573 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil ini menunjukkan bahwa konseling kelompok efektif dalam menurunkan tingkat stres akademik siswa. Temuan ini mendukung teori Lazarus dan Folkman bahwa peningkatan kemampuan koping adaptif dan dukungan sosial dapat mengurangi tekanan psikologis. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi layanan bimbingan konseling sekolah dalam menangani stres akademik secara preventif dan sistematis.

Item Type: Article
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Zahra Aulia Suni
Date Deposited: 27 Aug 2025 09:05
Last Modified: 27 Aug 2025 09:05
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/49769

Actions (login required)

View Item
View Item